Viral Bocah di Pamulang Terkena ISPA Diduga Akibat Polusi Pembakaran Sampah Ilegal, Ini Kata Dinas LH Tangsel

TEMPO.CO, Tangerang – Viral di media sosial, seorang bocah 8 tahun mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), diduga akibat pembakaran sampah di tempat pembuangan sampah ilegal di Tangsel

Dalam unggahan di akun instagram @seputartangsel itu disebutkan bahwa anak yang nenggunakan masker oksigen ini sudah berhari-hari dirawat di sebuah rumah sakit yang ada di Kota Tangerang Selatan. 

Saat dikonfirmasi, Nurissa Anindya, tante dari si anak menceritakan bahwa anak 8 tahun itu diduga mengalami gangguan pernafasan karena tempat pembakaran sampah yang berjarak sekitar 900 meter dari rumahnya di Pamulang Permai, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. 

“Kita sih sebenarnya ga tahu ISPA itu beneran dari tempat pembuangan sampah itu atau bukan. Cuma suami aja, yang orang dewasa, matanya suka perih, suka sesak juga, karena emang tiap sore ada asepnya,” ujar Nurissa kepada TEMPO, Rabu, 2 Juli 2023.  

Sudah Lapor ke Dinas Lingkungan Hidup Tangsel

Nurissa mengatakan sudah beberapa kali mendatangi tempat pembuangan sampah itu untuk minta agar pembakaran dihentikan. Namun keluhannya tidak ditanggapi. 

“Disamperin ke lokasi, kadang malah yang bakar marah. Iya doang dimatiin, nanti hari berikutnya ada lagi asepnya,” katanya.  

Nurissa bahkan telah melaporkan hal itu melalui akun sosmed Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel, namun tidak ada respons. 

“Bulan Juli itu saya DM juga medsos karena udah ngeganggu banget karena ada anak kecil, jadi kita mau minta atensi. Kita juga sudah pernah DM langsung DLH Tangsel ga ada tanggepan,” katanya. 

Nurissa menyayangkan, lokasi dekat dengan RSUD Tangsel itu seharusnya steril dari gangguan polusi udara. Namun masalah pencemaran udara dari pembekaran sampah ilegal itu tidak mendapatkan perhatian dari Pemkot Tangsel. 

“Di sekitar situ banyak bedeng-bedeng pemulung. Banyak tumpukan sampah pengepul, sore kebanyakan bakarnya. Itu kan di belakang RS,” katanya. 

Iklan

Selanjutnya banyak warga setempat juga mengeluhkan pencemaran udara di Pamulang…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *