Tren Elektabilitas Prabowo-Gibran Terus Naik, Ganjar-Mahfud Menurun

Senin, 11 Desember 2023 – 14:29 WIB

Jakarta – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan hasil hasil survei terbarunya yang menyebutkan bahwa pasangan calon nomor urut 2, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki tren kenaikan elektabilitas. Dari 3 paslon Capres-Cawapres, LSI Denny JA menyebutkan hanya Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin yang elektabilitasnya naik.

Baca Juga :

Survei Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul di Semua Kategori Usia, Utamanya Generasi Z

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa memaparkan bahwa Prabowo-Gibran meraup elektabilitas 39,3 persen di bulan September 2023 dan terjadi penurunan sedikit pada bulan Oktober, yaitu 36,8 persen. Namun, elektabilitas Prabowo-Gibran kembali naik di November 2023.

“Tapi pasca di bulan November awal dan November akhir. Ini secara tren itu positif menjadi 40,3 persen. Dan sekarang, naik kembali menjadi 42,9 persen,” kata Ardian Sopa dalam paparannya secara daring, Senin, 11 Desember 2023.

Baca Juga :

Emak-emak Ngeluh Rumahnya Terancam Digusur, Gibran Merespons Bikin Hepi

Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2024

Sementara, pasangan calon nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengalami penurunan tren elektabilitas. Hal itu, kata Ardian, terlihat di bulan November pasangan Ganjar-Mahfud mendapat 24,9 persen suara pada akhir November 2023.

Baca Juga :

Pemilih Bimbang di Survei Litbang Kompas Masih Tinggi, Gibran: Mungkin Nunggu Debat

“Dilihat dari September, 36,9 persen. Kemudian, Oktober 35,3 persen, tapi di awal November terjadi penurunan yang lumayan besar menjadi 28,6 persen. Kemudian, di November akhir 24,9 persen. Jadi angkanya ini untuk pak Ganjar trennya negati,” katanya. 

Sementara, untuk pasangan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memiliki tren kenaikan. 

Pada bulan September 2023, Anies-Cak Imin memperoleh elektabilitas 15 persen. Kemudian, Oktober 2023 sebesar 17,2 persen, November awal 20,3 persen dan November akhir 24 persen.

“Jadi dilihat dari data, Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin terus menaik dan Ganjar-Mahfud terus menurun,” pungkasnya.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

 Adapun survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 20 November hingga 3 Desember 2023. Sementara untuk metode sampling yang digunakan ialah Multistage Random Sampling. Responden yang berpartisipasi dalam survei itu sebanyak 1200 responden.

Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan survei LSI Denny JA ini dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Halaman Selanjutnya

Pada bulan September 2023, Anies-Cak Imin memperoleh elektabilitas 15 persen. Kemudian, Oktober 2023 sebesar 17,2 persen, November awal 20,3 persen dan November akhir 24 persen.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *