Profil Rudi Rohi, Pakar Ilmu Politik Undana yang Ditunjuk Jadi Panelis Debat Capres-Cawapres

Selasa, 12 Desember 2023 – 14:28 WIB

VIVA Nasional – Rudi Rohi menjadi salah satu dari 11 panelis lainnya yang ditunjuk KPU dalam acara debat Capres dan Cawapres yang akan berlangsung pada Selasa malam, 12 Desember 2023.

Baca Juga :

Budiman Sudjatmiko: Prabowo Gibran Akan Perjuangkan Hak Asasi Digital

Kehadiran Rudi Rohi dalam debat Capres dan Cawapres nanti malam, bukan satu-satunya panelis yang berasal dari akademisi perguruan tinggi di Indonesia. Masih ada beberapa lainnya. Rudi Rodi sendiri merupakan seorang pakar ahli ilmu politik dari Universitas Nusa Cendana (Undana) yang ada di Kupang, Nusa Tenggara Timur  (NTT).

“Panelis itu kami sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang yang akan jadi panelis untuk debat pertama,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU RI Menteng, Jakarta Pusat, dikutip VIVA.co.id dari salah satu sumber pada Selasa, 12 Desember 2023.

Baca Juga :

INFOGRAFIK: Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2024

Sosok pakar ilmu politik ini dalam momentum debat Capres-Cawapres nanti malam, rupanya membuat penasaran publik seperti apa profil dan latar belakangnya. Untuk baca selengkapnya, scroll terus artikel berikut ini melansir dari berbagai sumber.

Baca Juga :

Ini Jadwal Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024, Lengkap dengan Jadwal Tayang

Profil Rudi Rohi

Melansir dari laman datadikti.com tidak begitu banyak informasi tentang sosok ahli pakar ilmu politik ini. Namun perlu Anda ketahui, Rudi Rohi merupakan pria kelahiran Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Rudi Rohi memiliki Jabatan Fungsional Lektor di Undana. Di Undana, ia mengajar banyak mata kuliah yang masih terkait dunia politik. Pria kelahiran 14 September ini juga diketahui merupakan lulusan S3 UGM pada tahun 2021.

Mata Kuliah yang Diajar Rudi Rohi

Dilansir VIVA.co.id dari laman resmi datadikti kemdikbud, berikut ini ada beberapa mata kuliah yang diajar Rudi Rohi di antaranya:

  • Pengantar ilmu politik
  • Sistem politik indonesia
  • Kapita selekta masalah-masalah politik
  • Pemikiran politik kontemporer
  • Ekonomi politik
  • Teori-teori politik
  • Gerakan sosial dan politik identitas
  • Filsafat dan etika politik
  • Pemikiran politik indonesia
  • Metodologi ilmu politik
  • Pemerintahan dan politik perkotaan dan pedesaan
  • Minoritas dalam politik
  • Pemerintahan dan politik lokal

Jenjang Pendidikan Rudi Rohi

1. Universitas Janabadra Gelar Akademik: S.H Tanggal Ijazah: 2004 Jenjang: S1

2. Universitas Gadjah Mada Gelar Akademik: MSi Tanggal Ijazah: 2007 Jenjang: S2

3. Universitas Gadjah Mada Gelar Akademik: Dr Tanggal Ijazah: 2021 Jenjang: S3

Aktif sebagai Peneliti IRGSC

Tak banyak yang tahu, bahwa Rudi Rohi bukan hanya dikenal aktif dalam mengajar saja di Undana. Ia juga tercatat sebagai peneliti Institute of Resource Governance and Social Change (IRGSC) di Kupang. IRGSC sendiri merupakan lembaga penelitian yang fokus pada wilayah regional Indonesia, Timor Leste dan negara-negara ASEAN. 

Di mana lembaga tersebut berfokus pada hal mempromosikan pembuatan kebijakan berbasis bukti, melalui pengembangan kapasitas para ilmuwan, birokrat, politisi lokal, aktivis LSM/CSO, pemimpin organisasi masyarakat sipil, dan pemimpin swasta. 

IRGSC juga menerbitkan penelitian di sejumlah bidang, seperti tata kelola sumber daya mineral dan studi konflik. Lalu tata kelola perkotaan, desentralisasi dan politik. Kemudian tata kelola risiko bencana dan iklim hingga sistem pangan dan sistem nutrisi di bawah tekanan iklim.

Halaman Selanjutnya

Rudi Rohi memiliki Jabatan Fungsional Lektor di Undana. Di Undana, ia mengajar banyak mata kuliah yang masih terkait dunia politik. Pria kelahiran 14 September ini juga diketahui merupakan lulusan S3 UGM pada tahun 2021.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *