Polda Metro Jaya Gaspol Sidik Kasus Pemerasan SYL Meski Firli Bahuri Mangkir

Berita24 Dilihat

Kamis, 9 November 2023 – 17:27 WIB

Jakarta – Polda Metro Jaya menyebut baru sekali saja memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam pemanggilan kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Baca Juga :

Firli Bahuri Ngaku Siap Hadapi Pemeriksaan Polda Metro: Tidak Ada Kata Menghindar

“Baru sekali FB (diperiksa),” ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Kamis 9 November 2023.

Pemeriksaan itu berlangsung di Gedung Badan Reserse Kriminal Polri. KPK minta pemeriksaan dilakukan di sana, bukan di Markas Polda Metro Jaya. Adapun Firli diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus yang sudah naik penyidikan namun belum ada tersangkanya.

Baca Juga :

Polda Metro Blak-Blakan soal Supervisi Kasus Pemerasan SYL Sudah Diterima KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri

Photo :

  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Untuk pemeriksaan kedua, Firli mangkir dengan alasan ada agenda di Aceh. Harusnya dia diperiksa 7 November 2023. Hingga kini, polisi belum ditentukan kapan panggilan ulangnya. Meski begitu, Ade mengklaim kalau kasus tersebut masih terus jalan.

Baca Juga :

Polisi Larang Petasan hingga Atribut Israel-Palestina saat Piala Dunia U-17

“Pasti akan kita update nanti perkembangannya. Sementara ini kegiatan penyidikan masih terus berlangsung. Intinya proses sidik terus berproses. Dipastikan sidik akan berlangsung secara profesional, transparan dan akuntabel,” katanya lagi.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Baca Juga  Heboh Mahasiswa Baru UIN Surakarta Diminta untuk Daftar Pinjol, Begini Duduk Perkaranya

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Apalagi sempat beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.

Firli menjelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

“Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka,” ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *