PKB dan PAN Ada di Barisan Koalisi, Prabowo Bisa Menguat di Segmen Pemilih NU-Muhammadyah

Senin, 14 Agustus 2023 – 18:50 WIB

Jakarta – Dukungan terhadap bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai menguat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Terbaru, Partai Golkar dan PAN beri dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Baca Juga :

Prabowo Berpotensi Pilih Cawapres dari Luar Koalisi, Begini Analisa Pengamat

Pengamat Politik Universitas Padjajaran, Ari Ganjar menganalisa dukungan terhadap Prabowo itu juga datang dari kalangan Islam di Indonesia. Ia mengatakan demikian karena Prabowo juga punya hubungan dekat dengan kalangan Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Bagi dia, dukungan PAN terhadap Prabowo akan punya pengaruh dalam suara Muhammadiyah. Begitu juga menurutnya PKB punya basis massa NU.

Baca Juga :

Suarakan Pemilu Damai, Gerakan Muda Inklusif Gelar Refleksi di 7 Kota

Namun, ia menyarankan agar Prabowo tetap menjalin komunikasi intens bersama kelompok Islam konservatif yang banyak di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga :

Kans Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar: Kita Alon-alon Aja, Masih Ada 2 Bulan

“Prabowo harus lebih mendekatkan diri dan menjalin komunikasi yang lebih intens dengan kalangan Islam konservatif,” kata Ari Ganjar, Senin, 14 Agustus 2023.

Dia menyinggung, masyarakat Jabar sejak Pilpres lalu juga jadi basis massa yang menetapkan dukungan terhadap Prabowo. Bahkan, kata dia, Jabar juga jadi basis utama Gerindra dan Prabowo dalam kontestasi demokrasi.

Halaman Selanjutnya

Ari Ganjar menilai, saat ini pemilih Jabar terpecah menjadi dua bagian. Kata dia, dua bagian itu ada yang terpecah ke Anies Baswedan dan tetap di Prabowo. Meski demikian, Prabwo punya peluang bisa mengembalikan suara pendukungnya. Ia mengatakan demikian karena melihat track record Prabowo di Jabar.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *