Pelindo Raup Laba Bersih Rp 4,01 Triliun di 2023

Kamis, 4 April 2024 – 03:00 WIB

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo, berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 4,01 triliun (audited) di sepanjang tahun 2023. Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan, capaian laba bersih itu tumbuh 2,6 persen secara year-on-year (yoy), dibandingan perolehan di tahun 2022 lalu.

Baca Juga :

Pelindo Prediksi Jumlah Pemudik via Pelabuhan Tembus 2 Juta Orang di Lebaran 2024

“Kinerja ini menunjukkan bahwa Pelindo tumbuh dengan baik dan solid dari tahun ke tahun, pascamerger di tengah tantangan perekonomian global,” kata Arif dalam keterangannya, Kamis, 4 April 2024.

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono.

Photo :

  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Baca Juga :

Bumi Resources Minerals Cetak Laba Bersih US$14,2 Juta di Tahun 2023

Dia menambahkan, Pelindo menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, konektivitas antarpulau, serta keberlanjutan sektor maritim Indonesia. Sehingga, hal itu diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan, bagi kemajuan bangsa.

“Hal ini terlihat dari kinerja yang solid, membuat Peindo tetap mengalami peningkatan kinerja pada tahun 2023,” ujarnya.

Baca Juga :

Pertagas Cetak Laba Bersih US$196,7 Juta di 2023, Target Tahun Ini Dinaikkan

Selain itu, kontribusi Pelindo pada Negara juga tercatat meningkat, yaitu mencapai Rp 7,3 triliun. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 yang senilai Rp 7,2 triliun.

Kontribusi tersebut diberikan melalui setoran dividen, PNBP, Konsesi, PPH, PPN dan PBB. Capaian positif Pelindo pada 2023 ini juga didukung dengan keberlanjutan program-program transformasi, yang dilakukan terus menerus sejak merger pada Oktober 2021.

Pertumbuhan kinerja keuangan Pelindo sejalan dengan kinerja operasional yang juga membukukan tren positif. Arus peti kemas mencapai 17,7 juta TEUs, atau meningkat sebesar 3 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Demikian juga arus barang yang terealisasi sebesar 170 juta ton, tumbuh 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, arus kapal yang keluar masuk pelabuhan mencapai 1,28 miliar GT, atau naik 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Di sisi lain, arus penumpang mencapai 18,1 juta orang atau meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Pertumbuhan kinerja keuangan Pelindo sejalan dengan kinerja operasional yang juga membukukan tren positif. Arus peti kemas mencapai 17,7 juta TEUs, atau meningkat sebesar 3 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *