Mendag RI Zulkifli Hasan Serukan Kolaborasi ASEAN Susun Solusi Konkret di AFTA

TEMPO.CO, Semarang – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyerukan negara-negara ASEAN mengedepankan semangat kebersamaan dan berkolaborasi menyusun solusi nyata dan konkret untuk memperkuat perdagangan intraASEAN.

“Pertemuan ini jadi momentum penting untuk memperkuat perdagangan intraASEAN. Saya harap kita dapat berkolaborasi mengutamakan semangat kebersamaan serta memberikan arah yang jelas serta menyusun solusi nyata dan konkret,” kata Zulkifli Hasan saat membuka ASEAN Free Trade Area (AFTA) Council Meeting sebagai rangkaian Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN ke-55 di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Zulhas, sapaan akrab Mendag, mengatakan Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023, berharap negara-negara ASEAN dapat berperan aktif dalam mendorong berbagai agenda kawasan dan global. Negara-negara ASEAN juga diharapkan dapat mengembangkan kawasan yang adaptif, responsif, dan berdaya saing tinggi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

“Upaya ini pun harus didukung dengan upaya kita bersama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi kawasan yang adil inklusif dan berkelanjutan,” kata Zulhas.

Dalam kesempatan itu, selain delegasi dari menteri-menteri perdagangan 10 negara anggota ASEAN, turut hadir Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste Filipus Nino Pereira sebagai observer.

Iklan

Filipus menyampaikan Timor Leste telah mengamati dan mencatat komitmen ASEAN untuk mengatasi tantangan langsung dan memberikan inisiatif pemulihan pascapandemi Covid-19. Hal tersebut dilakukan ASEAN guna mendorong kerja sama di bidang ekonomi digital, ekonomi sirkular, dan ekonomi hijau, serta memperkuat ketahanan pangan dan rantai pasokan yang tangguh untuk mengantisipasi dampak krisis.

“Kami berkomitmen penuh pada Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN, prinsip dan tujuan, panduan sebagai pilar tambahan dari kerja sama dan integrasi ekonomi regional berbasis untuk mengatasi tantangan yang sedang berlangsung dan akan muncul,” ujarnya.

AEM ke-55 2023 telah dimulai pada 17 hingga 22 Agustus 2023. Pada hari pertama AEM 2023, Kamis, 17 Agustus, Indonesia memimpin pertemuan pejabat senior ekonomi ASEAN yang akan dilanjutkan hingga Jumat, 18 Agustus, sebelum memasuki agenda pertemuan tingkat menteri pada Sabtu hari ini hingga Selasa, 22 Agustus 2023.

Pilihan Editor: Tambah Dua Anggota Dewan Komisoner Baru, Bos OJK: Siap Jadi Kesebelasan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *