Lihat dengan Kritis, Dukungan Datang dengan Massa Besar

Sabtu, 11 November 2023 – 08:47 WIB

Jakarta – Pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) menduduki posisi terendah dalam sejumlah survei.

Baca Juga :

Indo Barometer Sebut Pilpres 2024 Berpotensi Satu Putaran, Siapa Juaranya?

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said pun menjelaskannya. Sudirman Said meminta kepada masyarakat agar melihat survei secara terbuka dan kritis.

“Nanti teman-teman silakan membaca dan menganalisa dengan baik, gimana menjelaskan bergelombang dukungan ini dengan angka survei. Teman-teman melihat dengan kritis. Bayangkan dukungan berdatangan dengan massa yang besar,” ujar Sudirman kepada wartawan dikutip Sabtu 11 November 2023.

Baca Juga :

Timnas Pemenangan Amin Belum Juga Diumumkan, Petinggi PKS: Tinggal Tunggu Sinyal Anies

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di kantor KPU.

Namun demikian, Sudirman tidak merincikan terkait dengan gelombang dukungan ke AMIN yang tidak sesuai dengan hasil survei. Dia menyebutkan, saat ini pihak AMIN hanya menjadikan hasil survei sebagai pedoman.

Baca Juga :

Arahan Jokowi: KEK yang Sepi Investasi Bakal Dicabut Statusnya

“Kalau kita datang ke pasar, atau ke masjid, atau ke hotel. Mereka pada salaman, amin ya pak. Dimana mana muncul seperti itu,” kata dia.

Tetapi angka rendah di hasil survei tak melemahkan semangat duet Anies dan Cak Imin, bahkan pihak pendukungnya. 

“Seperti sering disampaikan Pak Anies, kalau survei itu kalau kita di depan kita syukuri, tapi tidak boleh jumawa. Kalau kita di belakang kita jadikan cambuknya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sudirman menjelaskan masyarakat yang tidak percaya dengan hasil survei maupun yang belum memantapkan pilihannya masih banyak jumlahnya. Jumlah itu, kata dia, diharapkan dapat mendulang suara bagi Anies-Cak Imin.

“Umat Islam tidak hanya mendukung Pak Anies karena mayoritas. Tidak bisa diblok begitu saja. Dekat dengan umat Islam itu Anies dan Muhaimin,” tutur Sudirman.

“Jadi gini ini karakter kita ketika ngomong survei, biasanya tidak langsung menjawab dengan terus terang. Simpanan atau tabungan kita adalah pada ceruk yang belum menentukan pilihan. Dan memilih di tempat lain tapi belum mantap. Kelompok itu jumlahnya masih cukup besar, dan itu yang bisa mendukung besar,” katanya.

Halaman Selanjutnya

“Seperti sering disampaikan Pak Anies, kalau survei itu kalau kita di depan kita syukuri, tapi tidak boleh jumawa. Kalau kita di belakang kita jadikan cambuknya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *