KSAL Muhammad Ali Kirim 2 Alutsista Andalan TNI AL Ikuti Latihan Militer Besar-besaran di India

Kamis, 15 Februari 2024 – 13:52 WIB

Jakarta – Angkatan Laut India atau Indian Navy menggelar latihan militer besar-besaran yang melibatkan Angkatan Laut 47 negara sahabat di Visakhapatnam dan Teluk Benggala, India.

Baca Juga :

Mayday, Drone Bunuh Diri Ukraina Gempur Gudang Nuklir Terbesar di Eropa

TNI Angkatan Laut menjadi salah satu kekuatan yang ikut serta dalam latihan bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise MILAN 2024 yang akan digelar sejak tanggal 19-27 Februari 2024 mendatang.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangannya mengungkapkan, bahwa TNI AL telah mengirim dua alutsista serta sejumlah prajurit andalan TNI AL untuk mengikuti latihan militer besar-besaran yang digelar secara rutin dua tahunan tersebut.

Baca Juga :

Viral Mayor Teddy Asyik Berjoget, Netizen: di Balik Wajah Garang Ada Bakat yang Terpendam

Dua alutsista yang dikerahkan TNI AL adalah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) dan Helikopter Panther HS-1303.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa keterlibatan TNI AL dalam Latma MILAN 2024 ini merupakan salah satu program TNI AL dengan Indian Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL. 

Baca Juga :

Gagal Jadi Tukang Becak, Kolonel Razor Pilot Tempur Handal TNI Melesat Jabat Danwingdik 100

“Saya berpesan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan serta menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara,” kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Kamis, 15 Februari 2024.

VIVA Militer : KRI Sultan Iskandar Muda – 367

VIVA Militer : KRI Sultan Iskandar Muda – 367

Untuk diketahui, Latma MILAN merupakan latihan bersama multilateral yang dilaksanakan setiap dua tahun antara Indian Navy dengan negara-negara sahabat sejak tahun 1995, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan profesionalisme militer serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan Operasi Laut melalui Latihan Multilateral yang berskala besar di laut.

VIVA Militer: KRI SIM-367 dan Helikopter HS-1303 ikuti Latma MILAN di India

Latma MILAN tahun 2024 akan diikuti oleh 47 negara sahabat atau Friendly Foreign Countries (FFC) yang terbagi dalam dua tahap. Pertama, tahap darat (Harbour Phase) pada tanggal 19-23 Februari 2024 dan tahap kedua, latihan manuver laut (Sea Phase) yang akan dilaksanakan di Perairan Teluk Benggala pada tanggal 24-27 Februari 2024. 

Perlu diketahui pula, kapal perang KRI SIM-367 dan Helikopter Panther HS-1303 di bawah pimpinan Dansatgas Latma MILAN 2024 TNI AL, Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan melaksanakan berbagai aktivitas selama perjalanan lintas laut (Linla) dari Pangkalan Surabaya menuju Visakhapatnam, India, dalam rangka persiapan mengikuti Latma tersebut. 

Aktivitas yang dilaksanakan antara lain latihan Gunnex, ADEX, CASEX, Pengendalian Helikopter, dan Peran Penyelamatan Kapal. Selain itu, selama linla juga dilaksanakan latihan kesenian Tari Saman dan Jaranan yang rencananya akan ditampilkan oleh para prajurit KRI SIM-367 pada saat penyelenggaraan Latma tersebut.

Berbagai aktivitas latihan dan kesenian tersebut dilaksanakan dalam rangka mempertahankan kemampuan dan profesionalisme sebagai prajurit matra laut sekaligus dalam upaya mengemban misi diplomasi TNI AL di kancah dunia dengan menampilkan berbagai budaya dan kesenian nusantara dalam suatu kegiatan yang bersifat global.

Halaman Selanjutnya

Source : Dispenal



Quoted From Many Source