Jumlah Kendaraan Masuk dari Jabodetabek Melonjak, Operasional Jalan Tol Bocimi Sesi II Dipercepat

TEMPO.CO, Sukabumi – PT Waskita Karya (Persero) Tbk. mempercepat jadwal operasional jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) Sesi II ruas Cigombong-Parungkuda. Semula, jalan tol ruas tersebut akan dioperasionalkan pada hari ini, Senin, 7 Agustus 2023, namun akhirnya dimajukan menjadi per kemarin, Ahad siang, 6 Agustus 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Site Quality Safety Health Environment Manager PT Waskita Karya Aswin Januar. “Karena tingginya minat pengguna jalan tol ini, maka kami mengambil kebijakan untuk mengoperasionalkan lebih awal yakni pada Minggu sekitar pukul 14.00 WIB,” ujar Aswin Januar di Sukabumi, Jawa Barat, Ahad, 6 Agustus 2023.

Tingginya minat pengguna jalan tol tersebut, menurut Aswin, terlihat dari peningkatan jumlah kendaraan yang datang dari arah Jabodetabek menuju Sukabumi usai diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Jumat lalu, 4 Agustus 2023.

Banyaknya pengguna kendaraan mengakses jalan tol itu diduga tak hanya untuk berwisata, tapi juga ingin menjajal jalan tol baru ini. Oleh sebab itu, Waskita Karya memutuskan untuk mempercepat operasi ruas Jalan Tol Cigombong-Parungkuda tersebut.

Aswin menjelaskan, khususnya untuk dua pekan ke depan, seluruh kendaraan yang masuk ke Jalan Tol Bocimi Sesi II Cigombong-Parungkuda, digratiskan. Namun, kendaraan yang menggunakan jalur tol sesi I yang dikenakan tarif Rp 14 ribu.

Dengan dibukanya ruas tol tersebut, diharapkan kepadatan kendaraan di jalur utama Bogor-Sukabumi bisa terurai. Terlebih, sejak Sabtu pekan lalu volume kendaraan yang keluar dan masuk Sukabumi terus meningkat.

Peningkatan jumlah kendaraan terlihat dari pantauan di lokasi pada Sabtu pekan lalu, 5 Agustus 2023. Saat itu terpantau kemacetan panjang di jalur utama Bogor-Sukabumi, tepatnya mulai dari Kecamatan Cicurug hingga Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Salah satu pengendara mobil dari Tangerang, Banten, A Handoko, menyebutkan telah berangkat dari Tangerang untuk menuju Kota Sukabumi sekitar pukul 08.00 WIB pada Sabtu lalu. Ia menceritakan perjalanannya yang butuh waktu hingga tujuh jam untuk sampai Kota Sukabumi pada sekitar pukul 15.00 WIB.

Iklan

Handoko awalnya mengira ruas Tol Bocimi Sesi II telah dibuka untuk umum. Tapi ketika sampai di lokasi, informasi yang didapat adalah tol tersebut baru beroperasi pada Senin, 7 Agustus 2023.

“Sejak keluar dari pintu tol Cicurug arus lalu lintas sudah padat, dari Cicurug hingga Parungkuda waktu tempuh hingga dua jam dan dari Parungkuda ke Cibadak mencapai satu jam lebih,” ujar Handoko. Dari pengamatannya, ia menyebutkan, hampir di sepanjang jalan, kendaraan roda empat atau mobil pribadi yang masuk wilayah Sukabumi bernomor polisi B.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Sujana Awin Umar mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berhati-hati, terutama pada akses keluar tol menuju Cibadak jalannya menyempit. Pengendara harus fokus dan berhati-hati antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kepolisian juga sudah menyiagakan personel di pintu Tol Bocimi ruas Parungkuda untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan volume kendaraan yang masuk dan keluar tol.

ANTARA

Pilihan Editor: Pembebasan Tol Bocimi Seksi III Mencapai 86 Persen



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *