JK Anggap Survei Elektabilitas Anies Baswedan Rendah Tak Terlalu Akurat

Senin, 31 Juli 2023 – 15:41 WIB

Jakarta – Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) menanggapi hasil survei bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan yang menunjukkan tren terendah dibandingkan dua bakal capres lainnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga :

LIBRA Jadi Manifesto Sepakbola Rakyat Prabowo Subianto

Menurut JK, kejadian yang sama juga terjadi saat Anies Baswedan mengikuti Pilkada DKI Jakarta pada 2017. Namun, katanya, pada akhirnya Anies terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta, berbeda dengan hasil jajak pendapat sejumlah lembaga survei.

“Waktu di DKI juga Anies terendah kan, posisi tiga, tapi kemudian dia terpilih. Itu lebih kecil, kurang lebih tujuh juta pemilih diwakili 1.200 [reponden]. Apalagi 1.200 [responden] yang disurvei dengan jumlah pemilih 205 juta, itu kan tidak mudah membawa ke situ,” kata JK di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 31 Juli 2023.

Baca Juga :

Eks Elit Demokrat Ferdinand Hutahaean Maju Caleg 2024 dari PDIP Gantikan Effendi Simbolon

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem

Survei yang diselenggarakan sejumlah lembaga di Indonesia, menurutnya, tidak lantas menggambarkan suara masyarakat. “Pilihan dari pada 1.200 orang pada pemilih 205 juta itu tidak menggambarkan itu (kenyataan pilihan masyarakat). Ada caranya, tapi saya kira pasti tidak terlalu akurat,” katanya.

Baca Juga :

Guntur Romli Minta PSI Konsisten Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Hasil survei sejumlah lembaga menyatakan elektabilitas dan tingkat keterpilihan Anies Baswedan terus berada di posisi ketiga. Sementara posisi pertama dan kedua terdapat Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo ataupun sebaliknya.

Halaman Selanjutnya

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *