Intip Pabrik BYD di China, 95 Persen Dijalankan Oleh Mesin

Selasa, 5 Maret 2024 – 19:10 WIB

Changzhou – Perusahaan raksasa teknologi Build Your Dreams (BYD) telah mengambil langkah besar dengan memperluas jangkauannya ke ranah otomotif, bahkan sudah memiliki 9 pabrik produksi mobil listrik yang tersebar di beberapa daerah di China.

Baca Juga :

China’s Unilateral Claim over Indonesia’s EEZ in Natuna Requires Serious Response

Salah satu pabrik produksi mobil listrik BYD berada di Kota Changzhou dan ini merupakan tempat produksi mobil listrik BYD Atto 3 dan BYD Seal, yang akan di ekspor ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Melihat lebih dekat, pabrik BYD di Changzhou ini memiliki luas area 11.600 meter persegi dan terbagi menjadi empat area, yaitu stamping, welding, painting, dan assembling, yang sudah menggunakan mesin hasil desain sendiri.

Baca Juga :

BYD Electric Car Assembled by Thousands of Robots

Pabrik produksi mobil listrik BYD di Changzhou

Eagle Zhou selaku Presiden Direktur BYD Motor Indonesia menyampaikan dengan keberadaan mesin tersebut, pabrik produksi ini berhasil mencapai efisiensi 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pabrikan lain di China.

Baca Juga :

Desain Motor Listrik Ini Terinspirasi dari Senjata Andalan Rusia

“Efisiensi produksi salah satunya telah diterapkan dengan sistem otomatisasi hingga 95 persen dari total proses dalam kebutuhan tertentu,” ujarnya di Pabrik BYD di Changzhou, China, dikutip VIVA Otomotif.

Lebih lanjut, untuk area stamping, sistem otomatisasi berperan untuk memproduksi panel body atau struktur badan mobil dan saat ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan 1.200 unit mobil per hari dalam dua shift pengerjaan.

Kemudian untuk area welding, terdapat teknologi laser welding yang merupakan teknologi canggih di mana tingkat kerapatan pengelasan rangka sudah hampir tidak terlihat.

Dalam proses pengerjaannya sudah ada 477 tenaga robot dari 1.000 lebih unit robot yang ada di dalam pabrik.

Di area welding pun sudah memiliki teknologi robotic welding yang menghasilkan tingkat kerapatan pengelasan rangka dengan sangat mulus, bahkan hampir tidak terlihat.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat Atto 3 mendapatkan NCAP (New Star Assessment Program) 5 star.

Pabrik produksi mobil listrik BYD di Changzhou

Pabrik produksi mobil listrik BYD di Changzhou

Sementara itu pada area assembly, salah satu sistem otomatisasi diterapkan untuk menyamakan waktu penyatuan rangka mobil, platform, dan baterai secara bersamaan.

Masing-masing area tersebut juga memiliki tim riset dan pengembangan sendiri untuk melakukan berbagai pengecekan yang diperlukan.

Seperti pengecekan dan penelitian kesalahan atau kerusakan pada area stamping, pengecekan dengan sampel acak untuk melihat potensi kesalahan presisi pada area welding, dan pengecekan dengan sampel acak akan potensi kesalahan produksi pada area assembly.

Sebagai informasi, pabrik China di Changzhou ini memiliki maksimal kapasitas produksi sebanyak 30,000 unit per tahun. Adapun, di tempat ini tidak hanya terdapat pekerja laki-laki, tapi banyak juga pekerja perempuan.

Halaman Selanjutnya

Kemudian untuk area welding, terdapat teknologi laser welding yang merupakan teknologi canggih di mana tingkat kerapatan pengelasan rangka sudah hampir tidak terlihat.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *