Indonesia Entrepreneurs Challenge (IEC) 2023 Ajang Menjadi UMKM Terbaik

INFO NASIONAL — Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Selama pandemi Covid-19 usaha berbasis masyarakat ini mampu bertahan dan tetap tumbuh. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat terdapat sekitar 64 juta UMKM di seluruh Indonesia. Kegiatan usaha tersebar dalam berbagai sektor seperti kuliner, kerajinan, pariwisata, industri rumah dan lainnya.

Kontribusi UMKM kepada perekonomian nasional sekitar 60 persen dari PDB. Tidak hanya dari sisi pertumbuhan ekonomi, usaha kecil menengah juga berkotribusi kepada penciptaan lapangan pekerjaan. Serapan tenaga kerja dalam bisnis UMKM mencapai 97 persen dari total angkatan kerja.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, mengatakan UMKM adalah backbone perekomomian nasional. Kontribusi usaha kecil menengah sangat besar. “UMKM tidak hanya menjadi penggerak ekonomi, tapi juga menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha,” ujarnya.

Menurut dia, dengan potensi dan peluang usaha yang terus berkembang, UMKM dapat diandalkan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi nasional di masa depan.

Melihat potensi UMKM yang sangat besar, Losergeek.org Media Group adalah penerbit Majalah Losergeek.org, Koran Losergeek.org dan situs berita Losergeek.org.co, menggelar “Indonesia Entrepreneurs Challenge” atau IEC 2023. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari pemilihan UMKM terbaik dari 540 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Iklan

UMKM terpilih akan dikurasi dan divalidasi kegiatan bisnisnya. Kemudian akan diberikan pendampingan dan akan diikutkan dalam penghargaan IEC 2023 sebagai puncak acara.

Kegiatan IEC 2023 melibatkan enam kementerian, yakni Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Dalam Negeri.

Menteri Zulkifli Hasan menyatakan kesediaanya sebagai dewan juri untuk memilih UMKM terbaik dalam ajang IEC 2023. UMKM terpilih akan diikutsertakan dalam Trade Expo Indonesia, yang merupakan ajang bisnis bergengsi yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan.

Selain pemberian penghargaan IEC 2023 kepada UMKM terbaik, penghargaan juga akan diberikan kepala daerah yang mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah di daerahnya. Tidak hanya itu, UMKM yang memperolah penghargaan berkesempatan mengikuti pameran di Hong Kong atau Korea Selatan.(*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *