Ganjar-Mahfud Siap Bahas Program Antikorupsi di Debat Capres-Cawapres

Sabtu, 2 Desember 2023 – 13:04 WIB

Kupang – Pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 mengaku siap menghadapi debat pertama Capres-Cawapres yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, pada 12 Desember 2023 mendatang.

Baca Juga :

Mahfud Blak-blakan Cerita Diminta Rp 1,6 T Jadi Cawapres, Tapi di PDIP Gratis

Duet Ganjar-Mahfud yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024, memastikan akan mengusung Program Unggulan Anti Korupsi pada acara debat nanti.

“Pemberantasan Korupsi menjadi Visi-Misi unggulan kami. Korupsi harus disikat habis sampai ke akar-akarnya,” kata Ganjar Pranowo di La Cove Restaurant, Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu, 2 Desember 2023.

Baca Juga :

Hatta Rajasa Minta Waktu Debat Capres-cawapres Diperpanjang, Biar Tak Kayak Cerdas Cermat

Capres Ganjar Pranowo kampanye di NTT

KPU RI telah menetapkan jadwal dan tema debat Capres-Cawapres untuk tahapan Pilpres 2024 yang akan digelar sebanyak 5 kali. Debat Capres-Cawapres Pilpres 20234 tidak digelar terpisah, tapi bersama-sama.  

Baca Juga :

Cak Imin Mau Sertifikasi Halal Seutuhnya Ada di MUI

Pada debat pertama, KPU menetapkan tema yang diangkat adalah tentang Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. 

Ganjar menyatakan, selama ini bersama Mahfud telah mempraktikkan gerakan anti korupsi dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pejabat publik.

“Kami sudah siap lahir dan batin. Pas temanya, mitra saya kan Prof Mahfud. Insya Allah, kami sama-sama berpengalaman dan Prof Mahfud dikenal sebagai pendekar di bidang hukum,” kata Ganjar.

Pelaksanaan debat Capres-Cawapres diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024. Nantinya, kata dia, debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 disiarkan langsung secara nasional oleh media massa elektronik melalui lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta. 

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk  debat Capres-Cawapres. Pasalnya, Ganjar telah berpengalaman adu gagasan  dalam debat calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah. 

“Nggak ada persiapan khusus,” ungkapnya.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI

Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan Pemberantasan Korupsi mesti dilakukan hingga ke akar-akarnya demi mewujudkan Indonesia Unggul. 

“Caranya, satu kita harus mencegah korupsi dengan memperbaiki  sistem kelembagaan dan regulasi harus jelas. Dan, yang paling penting adalah aktornya harus benar-benar bersih. Kalau aktornya nggak benar, ya dia akan terlibat, biasanya. Dan, pemberantasan korupsi akan diawasi top leader. Komitmen anti korupsi tidak cukup hanya di pemerintah, tetapi di masyarakat juga,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya

“Kami sudah siap lahir dan batin. Pas temanya, mitra saya kan Prof Mahfud. Insya Allah, kami sama-sama berpengalaman dan Prof Mahfud dikenal sebagai pendekar di bidang hukum,” kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *