Ekonom Ingatkan Capres Tak Gaduh, Dampakmya ke Rupiah hingga Investasi

Kamis, 28 Desember 2023 – 16:46 WIB

Jakarta – Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Aviliani mengingatkan calon presiden (capres) Anies Baswedan, Prabowo Subianto, hingga Ganjar Pranowo untuk tidak membuat kegaduhan selama tahun politik berlangsung. Sebab, hal ini akan mempengaruhi rupiah hingga investasi.

Baca Juga :

KPU: ODGJ Bisa Ikut Nyoblos di Pemilu 2024, Ini Syaratnya

Aviliani mengatakan, adanya tahun politik membuat investor banyak menanamkan modalnya di luar negeri. Sehingga menyebabkan modal asing di RI kabur atau capital outflow.

“Buat capres-capres jangan sampai membuat kegaduhan yang membuat orang yang punya duit itu keluar. Dan itu akan menyulitkan kita semua,” ujar Aviliani dalam Diskusi Publik Indef Kamis, 28 Desember 2023.

Ekonom Senior Indef, Aviliani.

Photo :

  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Baca Juga :

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dorong Kesejahteraan Masyarakat, Sudah Banyak Contohnya

Ekonom Senior Indef, Aviliani.

Ekonom Senior Indef, Aviliani.

Dia menuturkan, dari tiga capes yang ada diharapkan dapat rukun meskipun terjadi perbedaan. Sebab kegaduhan akan membuat investor atau orang yang memiliki uang kabur dari RI, dan menyebabkan tekanan ke rupiah hingga investasi.

Baca Juga :

Survei Alvara Research: Prabowo dan Ganjar Paling Berpeluang Lolos Putaran Kedua

“Karena kekhawatiran orang punya duit itu berbahaya. Mereka akan menempatkan uang di luar yang akibatnya kita akan berdampak semua, rupiah akan melemah kemudian orang enggak jadi investasi,” jelasnya.

Debat capres 2024

Sehingga dengan itu menurutnya, di masa kampanye ini capres dan cawapres harus mampu menunjukkan visi misi ke masyarakat dan investor.

“Enggak perlu ya menimbulkan kegaduhan-kegaduhan baik dalam level pendukung maupun di level partainya sendiri,” ujarnya.

“Jadi harus ingat masyarakat Indonesia, jangan hanya kepentingan mereka (capres) sendiri untuk memenangkan. Karena kan mereka memenangkan untuk masyarakat bukan untuk mereka sendiri,” sambungnya.

Halaman Selanjutnya

“Enggak perlu ya menimbulkan kegaduhan-kegaduhan baik dalam level pendukung maupun di level partainya sendiri,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *