Demokrat Protes Keras Pernyataan Elite Nasdem soal Figur Nonparpol Cawapres Anies Baswedan

Rabu, 2 Agustus 2023 – 15:53 WIB

Jakarta – Partai Demokrat menilai kurang tepat pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali yang meminta bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan agar memilih bakal cawapres bukan karena pemilik parpol.

Baca Juga :

Soroti Gugatan Batas Usia Cawapres, PKS: MK Diuji Konsistensinya

Sebab, sama sekali tidak ada tertulis dalam Piagam KPP yang disepakati tiga parpol, PKS Nasdem dan Demokrat bahwa kriteria bakal cawapres tidak boleh dari unsur parpol. 

“Jika ada yang mewacanakan untuk cawapres nonparpol, hemat saya ini kurang pas. Dalam kriteria yang telah ditetapkan, tak ada sama sekali kriteria yang tak membolehkan figur berlatar belakang parpol,” kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Rabu, 2 Agustus 2023.

Baca Juga :

Demokrat Curiga Gugatan Batas Minimum Usia Cawapres untuk Melanggengkan Kekuasaan

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem

Lagi pula, kata Kamhar, fungsi partai politik itu sendiri antara lain kederisasi dan sumber rekrutmen kepemimpinan. Maka, wacana yang dilontarkan Ahmad Ali bertentangan dengan fitrah partai politik sebagai pilar demokrasi dan pemegang mandat sebagai peserta pemilu.

Baca Juga :

Sandiaga Dinilai Lebih Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar

“Adapun syarat dan kriteria cawapres pendamping Mas Anies, sudah terang benderang tertuang dan disepakati pada Piagam Kerja Sama Tiga Partai yang terdiri dari lima poin,” kata Kamhar.

Halaman Selanjutnya

Menurut Kamhar, jika dalam perjalanannya lalu Anies menambahkan kriteria 0, Partai Demokrat menghormati ini dan memandang itu memang relevan.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *