Berbeda dengan Aspal Minyak, Apa Itu Aspal Buton?

TEMPO.CO, Jakarta – Aspal buton merupakan aspal yang terdapat di dalam tanah dan sering disebut sebagai mineral mentah. Aspal jenis ini harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Itu sebabnya aspal buton berbeda dengan aspal minyak yang menjadi turunan minyak bumi.

Dilansir dari situs resmi Kementerian ESDM, aspal buton berfungsi sebagai pengganti atau pelengkap dari aspal minyak dengan metode aplikasi lapen untuk jalan.

Sementara fungsinya sebagai pelengkap dapat ditandai dengan metode aplikasi hotmix atau coldmix. Pada metode hotmix, aspal ini diolah sebagai bahan tambah yang bisa mengurangi penggunaan aspal minyak hingga 75 persen.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, berikut enam produk aspal buton.

1. Asbuton B 5/20

Aspal buton ini dari tambang Kabungka yang diproses dan digranulisasi menjadi butiran dengan spesifikasi tertentu. Memiliki nilai penetrasi sekitar 5 dan kadar bitrumennya sekitar 20 persen dan masih mengandung mineral. Ini digunakan untuk meningkatkan mutu campuran beraspal.

2. Asbuton B 50/30

Asbuton ini dari tambang Lawele yang memiliki nilai penetrasi sekitar 50 dan kadar bitumennya sekitar 30 persen serta mengandung mineral lain. Biasanya digunakan sebagai substitusi Aspal Pen 60/70 yang menghasilkan campuran beraspal panas.

3. Asbuton Pracampur

Iklan

Asbuton ini diproses dan dicampur dengan aspal pen di pabrik sehingga setara dengan aspal modifiskasi. Tingkat kemurniannya di atas 90 persen dengan mineral halus maksimal 10 persen. Yang kemudian tanpa tambahan dari aspal pen 60/70 akan menghasilkan campuran beraspal panas.

4. Asbuton Kadar Bitumen Tinggi

Merupakan asbuton yang dimurnikan sebagian sehingga akan menghasilkan semi ekstraksi dengan spesifikasi tertentu. Asbuton jenis ini digunakan sebagai additive untuk meningkatkan mutu campuran beraspal. Asbuton jenis ini diproses asphalt mixing plan dengan tambahan aspal pen 60/70 akan menghasilkan campuran beraspal panas yang setara dengan aspal modifikasi.

5. Asbuton Murni

Ini merupakan asbuton dari tambang Lawele yang dimurnikan sepenuhnya yang setara dengan aspal pen 60/70 atau aspal pen 40/50. Aspal ini tidak mengandung mineral lain dan digunakan untuk berbagai pekerjaan konstruksi beraspal.

6. Cold Paving Hot Mix Asbuton

Merupakan campuran dingin yang dihamparkan di jalan dan diproses panas dengan menggunakan asbuton B 50/30 dan modifier yang dapat langsung digunakan atau dikemas.

Pilihan Editor: PUPR: Kontrak Penyediaan Aspal Buton Juni 2023 untuk Jalan 63,7 Kilometer



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *