Beli Spare Part Mobil di Toko Biasa, Ini Cara Bedakan Asli vs Palsu

Senin, 23 Oktober 2023 – 14:31 WIB

Jakarta, 23 Oktober 2023 – Spare part atau suku cadang mobil merupakan komponen penting yang perlu diganti secara berkala untuk menjaga performa dan keselamatan berkendara. Namun, saat ini beredar banyak spare part mobil palsu yang kualitasnya jauh di bawah asli.

Baca Juga :

Mobil Terbakar di Tol Becakayu, Asap Seperti Tersenyum Jadi Sorotan Warganet

Spare part palsu bisa membahayakan performa mobil Anda, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membedakan keduanya.

Berikut adalah beberapa tips membedakan spare part mobil asli vs palsu, dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

Baca Juga :

Diusung Jadi Bacawapres, Isi Garasi Gibran Tidak Neko-neko

Ilustrasi bengkel resmi Suzuki

1. Mengecek nomor seri dan kode spare part
Spare part asli memiliki nomor seri dan kode yang tertera pada kemasannya. Nomor seri dan kode tersebut bisa Anda cek kesesuaiannya dengan katalog resmi produk.

Baca Juga :

Terpopuler Otomotif: Mobil SUV Pesaing Hyundai Palisade, Ambulans Mampir Beli Pisang Goreng

2. Memeriksa kondisi kemasan spare part
Kemasan spare part asli terbuat dari bahan yang berkualitas, dengan warna dan tulisan yang jelas dan tidak buram. Pada kemasan spare part asli juga terdapat stiker hologram dengan logo terlihat jelas dan tajam.

3. Mengecek kondisi fisik dan spesifikasi spare part
Spare part asli terkadang memiliki kondisi fisik yang rapi dan sebagus versi asli. Anda juga perlu memeriksa situs web resmi dari merk spare part untuk mengecek kesesuaian spesifikasi yang tertera dengan yang akan Anda beli.

4. Menanyakan garansi spare part
Spare part asli memiliki garansi resmi dari pihak produsen merk kendaraan Anda. Garansi resmi pun umumnya berdurasi cukup panjang.

5. Mengecek harga spare part
Spare part asli umumnya memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang palsu.

6. Melakukan verifikasi data dari pabrik spare part
Jika ingin membeli secara online, penting untuk melakukan verifikasi data sebelum memutuskan untuk check out produk tersebut. Periksa spare part yang ingin Anda beli, apakah sesuai dengan data dari Original Equipment Manufacturer (OEM).

Pameran Aksesoris dan Suku Cadang.

Pameran Aksesoris dan Suku Cadang.

Photo :

  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

Halaman Selanjutnya

3. Mengecek kondisi fisik dan spesifikasi spare partSpare part asli terkadang memiliki kondisi fisik yang rapi dan sebagus versi asli. Anda juga perlu memeriksa situs web resmi dari merk spare part untuk mengecek kesesuaian spesifikasi yang tertera dengan yang akan Anda beli.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *