5 Fakta Puting Beliung yang Bikin Bergidik, Bisa Sebabkan Ini

Jumat, 23 Februari 2024 – 05:33 WIB

Jakarta – Belum lama ini angin puting beliung melanda wilayah Rancaekek, Jawa Barat, mungkin kamu sudah familiar dengan fenomena angin puting beliung yang merupakan salah satu jenis angin yang dapat menyebabkan bencana.

Baca Juga :

Masih Jadi Perdebatan, Apa Bedanya Tornado dan Angin Puting Beliung?

Angin puting beliung dapat muncul di berbagai lokasi dan membawa potensi bahaya yang signifikan karena kerusakan yang bisa ditimbulkannya.

Keberadaan angin puting beliung biasanya terjadi ketika angin kencang membentuk pusaran dengan kecepatan lebih dari 63 kilometer per jam, yang tampak seperti gulungan angin. Untuk lebih memahami tentang angin puting beliung, berikut ini beberapa fakta puing beliung yang VIVA dapat bagikan:

Baca Juga :

Pastikan Fenomena Angin Kencang di Bandung-Sumedang Adalah Tornado, Begini Analisa BRIN

Angin Puting Beliung Terjang Kawasan Rancaekek, Banyak Bangunan Alami Kerusakan

Sering Terjadi di Wilayah Tropis

Baca Juga :

Detik-detik Mencekam Angin Puting Beliung Porak-porandakan Pemukiman di Sumedang

Setiap wilayah umumnya memiliki karakteristik iklim yang berbeda-beda yang juga dapat mempengaruhi jenis bencana yang mungkin terjadi.

Salah satu contoh adalah angin puting beliung, yang biasanya hanya terjadi di beberapa daerah tertentu, sehingga tidak semua wilayah dapat mengalami bencana jenis ini.

Menurut laporan dari National Weather Service, angin puting beliung seringkali terjadi dalam konteks badai petir yang berada di luar jalur badai utama.

Namun, kejadian ini umumnya terkait dengan sistem tropis, yang menjadikan wilayah tropis memiliki risiko lebih tinggi terhadap bencana angin puting beliung.

Terbentuk dari Kolom Udara yang Berputar

Jika melihat angin puting beliung secara dekat tentu saja banyak orang yang akan ketakutan, sebab memang tampilan awan ini sangat menyeramkan.

Selain itu, angin puting beliung berputar dengan kecepatan yang tinggi, sehingga bisa merusak apa pun yang nanti dilaluinya dan hal ini jelas saja sangat berbahaya bagi orang-orang.

Viral Penampakan Puting Beliung Bikin Porak-Poranda Rumah Warga

Viral Penampakan Puting Beliung Bikin Porak-Poranda Rumah Warga

Dilansir dari National Weather Service, angin puting beliung sejarinya merupakan kolom udara yang berputar dengan kecepatan yang kencang dan memanjang, serta bersentuhan langsung dengan tanah.

Angin puting beliung ini juga bisa mengalami variasi angin dengan ukuran dan kecepatan rotasi yang berbeda, sebab disesuaikan dengan arus angin.

Puting Beliung Bisa Terjadi Dilaut

Selama ini mungkin kebanyakan orang hanya melihat angin puting beliung sering terjadi pada kawasan darat saja.

Namun, sebetulnya angin puting beliung tidak hanya terjadi di darat saja, namun juga memiliki risiko terjadinya di kawasan perairan seperti laut dan membentuk tampilan yang hampir sama.

Dilansir dari dNational Ocean Service, puting beliung tornado merupakan angin yang bisa terbentuk di atas air atau bahkan bisa pula berpindah dari daratan ke perairan.

Secara umum ciri-ciri yang dimilikinya sama dengan angin puting beliung di darat, namun biasanya akan sangat berhubungan dengan badai petir yang parah, angin kencang di laut, hingga hujan es besar atau kilat berbahaya.

Bisa Terjadi Selama 5-10 Menit

16 kontrakan semi permanen roboh akibat angin puting beliung di Jakarta Barat.

16 kontrakan semi permanen roboh akibat angin puting beliung di Jakarta Barat.

Angin puting beliung memang menjadi bencana yang cukup dikhawatirkan oleh banyak orang, sebab jika sampai terkena pemukiman maka bisa berisiko hancur.

Meski begitu, angin puting beliung nyatanya tidak terjadi lama karena memang durasi terjadinya angin ini hanya dalam hitungan menit saja.

Dilansir dari National Weather Service, waktu tempuh dari angin puting beliung di darat memang bisa terjadi hanya sekitar 5 hingga 10 menit saja.

Namun, hal ini sebetulnya tergantung pada daya dan juga kekuatan dari angin puting beliung tersebut, sehingga biasanya memang tidak akan terlalu lama.

Puting Beliung Bisa Sebabkan Sejumlah Kerusakan

Angin puting beliung bukanlah kondisi angin yang bisa kamu sepelekan, sebab memiliki berbagai risiko yang sangat berbahaya. idak heran jika angin puting beliung terjadi biasanya orang-orang akan mencari tempat berlindung yang aman agar terhindar dari risiko angin puting beliung yang ada.

Dilansir dari National Geographic Society, Badan Cuaca Nasional bahkan mengakui bahwa ada bahaya yang bisa ditimbulkan oleh puting beliung sebagai bagian dari badai yang parah.

Bahkan angin puting beliung bukan hanya berbahaya karena bisa menyebabkan reruntuhan, namun juga bisa berbahaya untuk pesawat terbang, helikopter, hingga kapal-kapal laut.

Halaman Selanjutnya

Salah satu contoh adalah angin puting beliung, yang biasanya hanya terjadi di beberapa daerah tertentu, sehingga tidak semua wilayah dapat mengalami bencana jenis ini.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *